Follow Us @tazkiahilahi

Sabtu, 30 Maret 2019

Hadits ke-19

1.      Cap Kenabian
a.       Redaksi Hadits
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجِسَ، قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَكَلْتُ مَعَهُ خُبْزًا وَلَحْمًا، أَوْ قَالَ ثَرِيدًا، قَالَ فَقُلْتُ لَهُ: أَسْتَغْفَرَ لَكَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ قَالَ: نَعَمْ، وَلَكَ، ثُمَّ تَلَا هَذِهِ الْآيَةَ {وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ} [محمد: 19] قَالَ: ثُمَّ دُرْتُ خَلْفَهُ «فَنَظَرْتُ إِلَى خَاتَمِ النُّبُوَّةِ بَيْنَ كَتِفَيْهِ. عِنْدَ نَاغِضِ كَتِفِهِ الْيُسْرَى. جُمْعًا عَلَيْهِ خِيلَانٌ كَأَمْثَالِ الثَّآلِيلِ»
Dari As-Saib bin Yazid RA, dia berkata, "Bibi {dari pihak ibu} saya pergi bersama saya untuk menghadap Rasulullah SAW. Sesampainya di sana, ia berkata, 'Ya Rasulullah, keponakan saya ini sedang menderita sakit.' Lalu Rasulullah mengusap kepala saya dan memohonkan keberkahan untuk saya. Setelah itu beliau berwudhu, sedangkan saya meminum sebagian dari sisa air wudhu beliau. Kemudian saya bediri di belakang beliau dan saya melihat cap kenabian di antara dua pundak beliau sebesar telur burung."
b.      Takhrij Hadits
1)      Sunan Kubra an-Nasa`i no. 10054, 10182, 10183, 11432
2)      Musnad Ahmad no. 20770, 20774, 10780



Tidak ada komentar:

Posting Komentar