Follow Us @tazkiahilahi

Sabtu, 30 Maret 2019

Hadits ke-37


1.      Jumlah Nama-Nama Rasulullah SAW
a.       Redaksi Hadits
عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَمِّي لَنَا نَفْسَهُ أَسْمَاءً، فَقَالَ: «أَنَا مُحَمَّدٌ، وَأَحْمَدُ، وَالْمُقَفِّي، وَالْحَاشِرُ، وَنَبِيُّ التَّوْبَةِ، وَنَبِيُّ الرَّحْمَةِ»
Dari Abu Musa Al Asy'ari RA, dia berkata, "Rasulullah SAW pernah menyebutkan nama-nama beliau kepada kami dengan sabdanya, 'Aku adalah Muhammad, Ahmad, Al Muqaffi {Nabi penutup}, Al Haasyir {Nabi pengumpul}, Nabi taubah, dan Nabi rahmah."''
b.      Takhrij Hadits
1)      Shahih Ibn Hibban no 6314
2)      Musnad Ahmad no. 19525, 19621, 19651
c.       Mutiara Hadis
1)      Rasulullah bernama Muhammad, yaitu yang terpuji akhlak dan rupanya. Bernama Ahmad yaitu yang melakukan perbuatan terpuji untuk Rabbnya. Bernama al-Muqaffi yaitu yang mengikuti aqidah para Nabi. Bermana al-Hasyir yaitu yang mengumpulkan manusia pada hari kiamat. Bernama Taubah karena yang banyak memberikan taubat kepada umatnya sehingga banyak didapati umatnya yang bertaubat dari kekufuran. Bernama Nabi Rahmah karena tidak lain beliau adalah rahmat bagi semesta alam dan atas izin-Nya akan memberikan syafaat pada hari kiamat kelak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar