Follow Us @tazkiahilahi

Sabtu, 30 Maret 2019

Hadits ke-36



1.       Jumlah Nama-Nama Rasulullah SAW
a.       Redaksi Hadits
عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ لِي أَسْمَاءً، أَنَا مُحَمَّدٌ، وَأَنَا أَحْمَدُ، وَأَنَا الْمَاحِي الَّذِي يَمْحُو اللهُ بِيَ الْكُفْرَ، وَأَنَا الْحَاشِرُ الَّذِي يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمَيَّ، وَأَنَا الْعَاقِبُ الَّذِي لَيْسَ بَعْدَهُ أَحَدٌ، وَقَدْ سَمَّاهُ اللهُ رَءُوفًا رَحِيمًا»
Dari Jubair bin Muth'im RA, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda, "Sesungguhnya aku memiliki beberapa nama. Aku adalah Muhammad aku adalah Ahmad, aku adalah Al Maahi, yang karena adanya aku, maka Allah menghapus kekufuran, aku adalah Al Haasyir yang di bawah kedua telapak kakiku umat manusia dikumpulkan, dan aku adalah Al Aaqib yang tidak ada nabi sesudahku." Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menamai Rasulullah SAW sebagai ra'uuf {yang pengasih} dan rahiim {yang penyayang}.
b.      Redaksi Hadits
1)      Shahih Bukhari no. 3532, 4896
2)      Shahih Muslim no. 2354
3)      Sunan Tirmidzi no. 2840
4)      Sunan ad-Darimi no. 2817
5)      Sunan Kubra an-Nasa`i no. 11567
6)      Shahih Ibn Hibban no. 6313
7)      Musnad Ahmad no. 16734, 16748, 16770, 16771

Tidak ada komentar:

Posting Komentar