Follow Us @tazkiahilahi

Senin, 18 Maret 2019

Hadits ke-1


Kemuliaan Nasab Nabi SAW
a.       Redaksi Hadits
 عن وَاثِلَةَ بْنَ الْأَسْقَعِ، يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «إِنَّ اللهَ اصْطَفَى كِنَانَةَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ، وَاصْطَفَى قُرَيْشًا مِنْ كِنَانَةَ، وَاصْطَفَى مِنْ قُرَيْشٍ بَنِي هَاشِمٍ، وَاصْطَفَانِي مِنْ بَنِي هَاشِمٍ»
Dari Watsilah bin Al Asqa' RA, dia berkata, "Saya telah mendengar Rasulullah bersabda, 'Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah memuliakan Kinanah dari keturuan Ismail 'alaihis salam. Dan memuliakan Quraisy dari keturunan Kinanah, memuliakan bani Hasyim dari Quraisy, dan memuliakanku dari keturunan Bani Hasyim”
b.      Takhrij Hadits
1)      Sunan at-Tirmidzii Baab fii Fadhli an-Nabiyyi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam no. 3605, 3606
2)      Sunan al-Kubraa lilbaihaqii Baab I’Thaa`i al-Fai`i ‘Alaa ad-Diiwaan wa man Yaqa’u bihi al-Bidyaah no. 13073, Baab I’tibaar a-Nasb fii al-Kafaa`ah no. 14764
3)      Shahih ibn Hibbaan bab Dzikr al-Khabar al-Musharrah bianna Hadzaa al-Qaul innama Zujira ‘andh min Azli at-Tafaakhuri kamaa Dzakarnaa Qabl no. 6242, Dzikr Ishtifaa` Allah Jalla wa ‘Alaa Shafiyaah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam min baini Waladi Ismaa’iila Shalawaatullah ‘alaih no. 6333, Dzikr al-Bayaan bianna al-Musthafaa Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Yauma al-Qiyaamati yakuunu Awaala Man Tansyaqqu ‘anhu al-Ardh wa Awaalla Syaafi’ no. 6475
4)      Musnad Ahmad Hadiits Waatsilah ibn al-Asqa’no. 16986, no. 16987
c.       Kandungan Hadits
1)      Allah memilih siapa saja yang dikehendakiNya dari makhluknya sebagai pilihanNya dan memuliakannya dengan menambahkan ilmu kepadanya tanpa ada paksaan.
2)      Allah telah memilih Bani Adam dari seluruh makhluknya, serta telah mengaruniakan banyak karunia kepadanya.
3)      Allah telah menundukkan langit dan bumi serta yang ada di antara keduanya untuk manusia dan menjadikan manusia sebagai pemegang Nubuwwah dan pembawa risalah.
4)      Manusia yang pertama terpilih adalah Nabi Adam as, lalu Allah memilih nuthfah-nya dan rahim yang suci untuk lahirnya para Nabi dan Rasul.
5)      Kemudian, Allah memilih Ibrahim, Ismail, Ishaq. Lalu memilih Kinanah dari keturunan Ismail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar