Follow Us @tazkiahilahi

Rabu, 20 Maret 2019

Hadits ke-3


     

Sabda Nabi, "Aku adalah Pemimpin dari Anak Adam”
a.       Redaksi Hadits
أَبُو هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَأَوَّلُ مَنْ يَنْشَقُّ عَنْهُ الْقَبْرُ، وَأَوَّلُ شَافِعٍ وَأَوَّلُ مُشَفَّعٍ»
Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Rasulullah SAW telah bersabda, 'Aku adalah pemimpin anak Adam pada hari kiamat kelak, orang yang muncul lebih dahulu dari kuburan, orang yang paling dahulu memberi syafa'at, dan orang yang paling dahulu dibenarkan memberi syafa'at
b.      Takhrij Hadits
1)      Shahih al-Bukharii baab Qaulillah Ta’aalaa Innaa Arsalnaa Nuuhan ilaa Qaumihi an Andzir Qaumaka min Qabl an Ya’tiyahum ‘Adzaab Aliim no. 3340, Baab no. 3361, Baab Dzurriyyah Man Hamalnaa Ma’a Nuuh innahu kaana ‘Abdan Syakuuraa no. 4712
2)      Shahiih Muslim Baab Adnaa Ahl al-Jannah Manzilah fiihaa no. 194.
3)      Sunan Abii Daawud Baab fii at-Takhyiir baina al-Anbiyaa` ‘alaihim ash-Sholaah wa as-Salaam no. 4763.
4)      Sunan at-Tirmidzii Baab maa Jaa`a fii Ayy al-Lahm kaana Ahabba ilaa Rasuulillah  Shallallahu ‘Alaihi Wasallam no. 1837, Baab no. 3611.
5)      Sunan an-Nasa`ii Baab Maudhi’ as-Sujuud no. 1140.
6)      Sunan Ibn Maajah Baab Athayib al-Lahm no. 3307.
7)      Sunan al-Kubraa lilbaihaqii Baab Mubtada` al-Khalq no. 17713
8)      Shahih ibn Hibbaan bab Dzikr allatii min Ajlihaa Laa Yasyfa’ al-Anbiyaa Linnas Yaum al-Qiyaamh fii al-Waqt alladzi Dzakarnaah no. 6465.
9)      Musnad Ahmad Bab Musnad Abii Hurairah ra no. 16986, no. 8377.
c.       Pesan-Pesan Hadits
1)      Makna sayyid (pemimpin) untuk Rasulullah saw di sini ialah mengingatkan kebaikan kepada umatnya, takut musibah menimpa mereka, memperbaiki urusannya, dan menahan serta menolak makar yang datang kepada umatnya.
2)      Rasulullah bukan saja pemimpin di dunia, tetapi juga di akhirat. Hal ini merupakan penegasan bahwa di akhirat akan terlihat kedudukan setiap orang, tetapi hal itu akan dicabut dari orang-orang kafir, pendurhaka, dan semisalnya yang mungkin ketika di dunia mereka mempunyai kedudukan.
3)      Menegaskan bahwa segala kerajaan milik Allah yang Maha Kuasa, adapun yang mengaku-ngaku memilikinya ketika di dunia, maka itu hanya tipuan saja dan di akhirat kelak akan terputus darinya.
4)      Lafadz “'Aku adalah pemimpin anak Adam” bukanlah bentuk kesombongan Rasulullah saw, akan tetapi sebagai nikmat dari Allah yang Allah sendiri memberitahukan kepadanya dan juga kewajiban beliau untuk menyampaikan kepada umatnya agar mereka mengetahuinya, meyakininya, beramal dengan keputusannya, serta menghormati yang telah ditetapkannya sebagaimana perintah Allah kepada mereka.
5)      Hadits ini menjadi dalil mengenani keutamaan Rasulullah saw atas seluruh makhluk. Karena menurut madzhab Ahlussunnah bahwa anak Adam lebih utama dari pada malaikat, dan Rasulullah saw yang paling utama di antara anak adam dan selainnya.
6)      Rasulullah saw juga salah seorang Nabi yang terpilih dari 5 yang paling utama di antara para Nabi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar